Rabu, 09 Maret 2011

Mitos Seputar Seks

Sadar atau tidak, ternyata banyak MITOS 'seputar seks' yang dipercaya atau bahkan telah diyakini oleh sebagian dari kita. Hal inilah yang membuat Djoko Subinarto, menulis buku “Mitos Seks, malu bertanya sesat di....”, yang diterbitkan oleh Nexx Media pada 2006 silam.

Menurut Djoko, Seks menduduki tempat yang sangat istimewa dalam kehidupan manusia. Usianya setara dengan tuanya peradaban kita. Tidak heran jika ada yang mengatakan bahwa manusia tak bisa hidup tanpa seks.

Meski demikian tak semua orang enjoy membicarakan topik yang satu ini. Mereka yang termasuk dalam kelompok ini berpendirian bahwa seks merupakan sesuatu yang sangat privat dan tabu untuk diungkapkan ke permukaan. Bahkan terlarang.
no seks

Sementara dipihak lain, tak sedikit orang yang penasaran ingin tahu lebih banyak soal seks. Dan mendorong mereka mencari berbagai informasi mengenai soal-soal yang satu ini.

Padahal (masih menurut Djoko), tak jarang informasi yang mereka peroleh hanyalah isapan jempol belaka. Hanya mitos yang belum tentu benar, akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Nah, kondisi ini -langsung maupun tidak- turut memunculkan anggapan yang cenderung keliru tentang beberapa hal terkait masalah seputar seksualitas.

Melaui bukunya itu, Djoko, memaparkan sedikitnya 15 mitos seks yang banyak berkembang dan diyakini oleh sebagian masyarakat.

Apakah seks itu selalu nikmat?. Apakah wanita selalu senang dengan pria berotot?. Apakah seks membuat orang semakin sehat dan cerdas?. 
Pertanyaan-pertanyaan itulah yang berupaya dibongkar oleh buku “Mitos Seks” karya Djoko Subinarto ini.

Hemat saya, buku ini cukup berhasil menunjukkan bahwa anggapan-anggapan yang selama ini banyak beredar dalam masyarakat hanyalah mitos bahkan sama sekali tidak benar. Dengan paparan ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan, buku setebal 106 halaman ini layak untuk dibaca. Apalagi bahasa yang digunakan oleh penulisnya sangat sederhana (bahasa manusia).

Uniknya lagi, buku ini juga disertai oleh berbagai gambar komik, yang sama sekali jauh dari unsur pornografi.

Penerbit agaknya sengaja melakukan hal tersebut untuk membuktikan bahwa perbincangan seputar seks tidak melulu saru. Berbagai masalah seputar seks, ternyata bisa dibicarakan secara ilmiah.

Informasi singkat tentang buku;
Judul Buku : Mitos Seks, malu bertanya sesat di....
Penulis : Djoko Subinarto
Penerbit : Nexx Media, Bandung, 2006.
Tebal : 106 halaman.
Gambar cover : belum sempat saya foto.

Catatan kecil; jika biasanya saya selalu mengulas politik dan masalah-masalah yang agak 'berat', maka review buku Mitos Seks ini adalah sisi lain dari blog BangngangaN. Semoga sodara tak protes.

18 komentar:

  1. saya kapan2 pinjem bukunya ya bang :D

    BalasHapus
  2. Jangankan pinjem, kalau memang mau saya kasih gratis buat Sampean,Mas.

    BalasHapus
  3. lebih tepatnya tanya aja sama wanita . .wkwkkw

    BalasHapus
  4. boleh ni bang..kan saya dah nikah hahaha

    BalasHapus
  5. Klo membicarakan seks memang tak ada habisnya, banyak juga informasi-informasi yang meneyesatkan tentang seks, mudah2an buku itu bisa menjadi pencerah bagi yang membacanya. Saya juga mau Bang

    BalasHapus
  6. wah ane belum cukup umur..
    tapi buwat wawasan aja hehe..

    BalasHapus
  7. Kalau sex itu memang identik dengan hal yang 'saru', tapi kalau dibicarakan dalam pandangan yang berbeda bisa menjadi hal yang biasa.. :)

    BalasHapus
  8. JAdi penasaran seperti apa isinya buku itu ya? COba deh dijual di sini, saya salah satu pembelinya :)

    BalasHapus
  9. @Sukadi and ABE Erdian; iaya pak, dalam konteks yang ilmiah sebetulnya seks tak se-'saru' yang kita kira. Bukunya saya dapat sepuluh ribu di "kulakan shoping", silahkan dicari,pak.sepertinya masih banyak kok.hee hee

    BalasHapus
  10. Wahh mulai ada sisi lain nih... tentang hobi bukan ini mas? hehe...
    Masyarakat kita memang cenderung lebih tertutup jika berbicara maslah seks ini.. Jika proses edukasinya kurang tepat malah menimbulkan hal2 yg kurang pas... Kayaknya recommended book nih..

    BalasHapus
  11. Hehehe, ya inilah sisi lain dari Blog saya dhan.Bukan rekomendasi, hanya sekedar berbagi.Toh kontent ini masih bisa dibaca oleh mereka yg belum 17+.

    BalasHapus
  12. Wah, harganya cuma 10 ribu? Murah banget, Mas.

    Komentar saya: Mitos itu akan bertambah parah kelirunya jika yang memercayai mitosnya itu adalah orang yang belum menikah atau belum pernah berhubungan seks. Betul, Mas? He...He...He..

    BalasHapus
  13. Buku spt ini yg patu dibaca, buku seks yg penuh pembelajaran positif...,

    BalasHapus
  14. Wah bukunya menarik neh...thanks atas reviewnya gan...

    BalasHapus
  15. @ PAK JOKO,Dudukusuma and Pak jamal; mitos memang cukup menyesatkan, dan hal itu disadari pula oleh penulis buku ini.Makanya buku ini cukup menarik.
    Terimakasih juga buat komentar dan kunjungan Bpk-bpk sekalian.

    BalasHapus
  16. wah jadi kepingin baca bukunya mas.....hehehehe kebetulan saya udah menikah

    BalasHapus
  17. Cari bukunya di mana mas ? di Jogja banyak ?

    BalasHapus
  18. @Pak Arief and Hybrid cars;saya membelinya di Shoping,Jogja.Di jajaran buku kulakan harganya cuma Rp.10.000 aja.

    BalasHapus