Jumat, 04 Februari 2011

Menampar Citra SBY

Berapa tahun sudah SBY berkuasa?, apa prestasinya?

“Tak ada sama sekali. SBY, gagal total!” tegas seorang pengamat pada sebuah acara talk show di TV.

Separah itukah?

Entahlah. Saya tak jeli mencatat prestasi yang biasa-biasa saja untuk ukuran seorang Kepala Negara.

Tapi, sebetulnya tudingan pengamat itu belum seberapa. Ada yang lebih pedas. Lebih skeptis dan sanggup menampar citra presiden SBY.

Adalah tokoh-tokoh lintas agama yang mendalanginya.

Seperti diberitakan oleh berbagai media. Pada 10 januari 2011 lalu, bertempat di gedung PP Muhamdiyah, Jakarta, sembilan tokoh agama yang mewakili berbagai umat beragama di Indonesia, mengaku sudah muak terhadap pemerintahan SBY, dan siap melakukan perlawanan.

Syafii Ma’arif misalnya, yang turut memotori gerakan itu mengatakan, “amanat Pancasila dan UUD 1945 untuk mensejah-terakan hidup rakyat telah terabaikan.” Telah diabaikan oleh pemerintah kita sendiri.

Tokoh agama lainnya dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Pendeta Mgr Situmorang menyatakan pemerintahan SBY sudah tidak lagi mendengar keluhan civil society. Bahkan, beliau menyerukan harus ada gerakan yang massif untuk melakukan perlawanan terhadap pemerintahan SBY (Batavia.com, 11/1/2011).

Tak pelak, gerakan yang dimotori oleh para tokoh agama di awal tahun baru lalu, membuat suhu politik di tanah air memanas. Sempat membuat presiden SBY kalang kabut.

Apalagi tokoh Hindu I Nyoman Udayana Sangging, dengan tegas mengatakan bahwa, mereka juga menyiapkan barisan untuk mendukung gerakan tersebut.
Sebetulnya kalau mau jujur, pemerintahan SBY tak sepenunya gagal. Apalgi gagal total.

Hanya saja, memang agak sulit menemukan cetak biru (apalagi tinta emas), yang telah dihasilkan oleh presiden RI ke 6 tersebut. Padahal ini kesempatan terakhir yang ia miliki. Sebab pada pemilu 2014 mendatang, beliau sudah tak bisa lagi mencalonkan diri (kecuali amandemen UUD).

Sungguh tragis, kalau kepercayaan rakyat yang (sempat) begitu besar terhadap kepemimpinan beliau, tak mampu menghasilkan apa-apa. Hampir 7 tahun. Tanpa apa-apa. Tanpa perubahan dan pencapaian mempuni.

Kecuali presiden SBY ingin pemerintahannya segera diakiri. Masih tersedia cukup banyak waktu untuk berbenah.

Bagi Saudara-Saudari yang tahu. Tolong tunjukkan prestasi emas SBY, setelah enam tahun lebih berkuasa ditanah surga ini? Kalau memang tak ada, prestasi tipu-tipu juga tak masalah. Sungguh saya ingin mencatatnya.

8 komentar:

  1. Maaf, Denuzz gak mencatat prestasi emas tersebut, karena memang tidak ada yang bisa dicatat... (titik)


    Bang... ada award tuh, wajib ambil...

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  2. Maaf Bang, sy bukan pengamat ga bisa komen banyak, tapi yg jelas sy jadi PNS dimasa pak SBY ehhehe...

    BalasHapus
  3. Prestasi? Apa itu? Yang terlintar di benak saya kok cuma tentang sebuah mobil yang diwarnai biru agar menyamai warna taxi yang paling gres mobil dan mahal tarifnya, dan mobil itu seringkali dituduh sebagai sarana untuk melakukan kejahatan, dan sudah pasti jarang ketemu yang ac-nya bagus :D

    hanya itu, maafkan, jika tak seperti harapan :P

    BalasHapus
  4. mungkin prestasinya adalah dijaman pemerintahannya, terjadi banyak sekali bencana di indonesia yang menyebabkan puluhan ribu manusia meninggal :D

    BalasHapus
  5. Mas Tomi@; betul juga tuh mas, agaknya banyak nian bencana yang bisa kita catat selama pemerintahan SBY

    BalasHapus
  6. menurut saya memang tidak ada prestasi. justru lebih baik prestasi 2 tahun pertamanya saja. sekarang malah jeblok. kerusuhan dan kemiskinan dimana2

    BalasHapus
  7. ah! sby mah nampang doank gan :)kinerjanya jeblok alias nihil

    BalasHapus
  8. Wah, ternyata banyak juga toh yang sinis dengan prestasi-nya Pak Presiden kita itu.

    Atau masih ada yang lain???

    BalasHapus