Minggu, 30 Januari 2011

Komunitas Blogger Bangka Belitung?

“Kapan ya...bang, kita bikin komunitas blogger Bangka Belitung?” begitulah isi sebuah pesan yang masuk ke inbox E-mail saya. Pengirimnya seorang yang telah saya kenal baik.

Saya tersenyum keki, karena tidak bisa memberikan jawaban.

Meski bikin malu, tapi hingga detik ini komunitas blogger Bangka Belitung, memang belum juga nongol kepermukaan. Entah. Memang belum ada, atau saya yang ketinggalan berita. Tapi sejauh penelusuran saya; Google, Ping dan Yahoo juga tak punya data tentang mereka.

“ya ampun!!. Jadi, komunitas blogger Babel belum ada?.”

Ya, begitulah sodara-sodari.


Serasa aneh memang. Sebab, BaBel bukan tak punya blogger. Saya kenal beberapa diantaranya; ada Bang Akhsan, Dukun Besar, Bujang Bangka, Pak Putra Kusuma, Bang Devtra, Bang Riduan, Bang Tama, dan lain-lain. (mohon maaf bagi yang belum sempat disebutkan namanya).

Pada 2009 lalu, Bang Akhsan, bahkan pernah menulis opini pada sebuah harian lokal, terkait urgensi komunitas blogger dalam mendukung program visit Babel archi. Sayang, satu tahun berselang, tak ada yang merespon untuk mengimplementasikannya.

“Lho, kalau sudah saling kenal, kenapa nggak langsung ngumpul-ngumpul saja, Bang?” seorang pendiri komunitas blogger menyarankan.

Benar juga, sih.

Secara teori memang gampang. Untuk membuat komunitas blogger ya dimulai dari mengajak blogger lain membuat forum atau kelompok. Meski tak akan selesai dalam semalam. Tapi untuk memulainya kan bisa dimulai oleh tiga, lima, sampai enam orang. Tinggal atur jadwal pertemuan.

Untuk blogger Babel misalnya. Bisa kumpul di rumah salah seorang anggota, cafe, lapangan merdeka, atau Ramayana Pangkalpinang. Kan bisa sambil ngeceng, hea.. ha.. ha (masih sebatas angan).

“Memang, apa sih untungnya punya komunitas blogger.” seorang kawan sesama blogger newbe bertanya.

“Hemm apa ya...?!”

Setiap komunitas, biasanya punya cara masing-masing untuk mempererat silaturahmi dan kekeluargaan di antara mereka. Kopdar (kopi darat) atau ngopdar adalah yang paling populer.

Kopdar biasanya diadakan untuk berkumpul bersama-sama para anggota.
Menurut cerita beberapa kawan yang pernah ikut komunitas blogger. Komunitas blogger itu bisa menambah pengalaman kita dalam berorganisasi. Terutama dalam hal blogging.

Terus, banyak pengalaman dari blogger lain juga bisa kita dapatkan. Bisa menambah banyak teman, plus membangun jaringan pembaca untuk blog kita. Dan yang juga tak kalah penting adalah untuk optimasi blog kita secara offline.

Selain itu, bertemu orang-orang yang sesuai dalam komunitas blogger tertentu menunjukkan bahwa kita eksis di dunia blogging dan bisa memberikan kontribusi positif; sebagai jembatan informasi dalam dunia blogosphere.

‘Terus..terus, apa lagi?!’

Nah, untuk seterusnya, biarkan waktu yang menunjukannya.

Update Status: Mungkinkah Komunitas blogger Bangka Belitung sedang merayap?. Karena sayup-sayup terdengar, mereka juga ingin unjuk taji. Meski agak telat, tapi hayoo kita do’akan saja.

19 komentar:

  1. KOPDAR memang acara yang mengasyikkan, selain untuk kumpul-kumpul saling mengakrabkan diri secara face to face, kopdar juga untuk saling bertukar informasi, tentu masih banyak kegunaan yang lain.
    SEMOGA CEPAT TERWUJUD MEMBENTUK KOMUNITAS BLOGGER BA-BEL

    BalasHapus
  2. Amiiinnnnn. Wah kalau Pak dhe yg mendoakan besar kemungkinan untuk terwujud nih kayaknya.

    BalasHapus
  3. Selamat pagi, kunjungan persahabatan dari seorang Blogger Borneo. Saya lihat semangatnya luar biasa untuk membentuk sebuah komunitas blogger, saran saya pertahankan itu. Masalah rame atau tidaknya sebuah komunitas, biarkan waktu yg menentukan. Biasanya karena masih banyak yg belum paham dgn internet atau blog maka jumlah blogger disana masih sedikit, oleh karena itu salah satu fungsi dari komunitas blogger dibentuk adalah untuk memberikan edukasi mengenai internet dan blog. Jadi kita menarik mereka menjadi anggota secara tidak langsung.

    Dan satu lagi, pada umumnya jika seseorang ingin bergabung dalam suatu komunitas, ada satu pertanyaan dasar yang akan dilontarkannya yaitu "Apa keuntungannya jika saya gabung di komunitas tersebut?". Disini para pengelola komunitas harus jeli melihat peluang yang ada. Jangan hanya sebatas kopdar, kopdar, dan kopdar, tanpa ada tindak lanjutnya seperti apa. Kalau stagnan aja kegiatannya maka lambat laun para membernya akan merasa bosan hingga pada akhirnya mundur secara teratur dari komunitas tersebut.

    Demikian sedikit komentar dari saya dan mohon maaf jika ada perkataan saya yang menyinggung yach... Peace

    BalasHapus
  4. seperti mentari30 Januari 2011 17.04

    tunjukkan kemampuan mu bang..tunjukkan klo kamu bisa mewujudkan itu semua.semoga tercapai semuanya abang...Semangat....

    BalasHapus
  5. Kopdar memang seru dan mengasyikan :D ah. jadi pengen kopdar >.<

    BalasHapus
  6. yups, saya kira komunitas aktivis dunia maia ini perlu bos. dan saya, di komunitas blogger subang [blogger-subang.org] selalu menekankan pada teori "Aktualisasi di dunia maia, eksistensi di dunia nyata" alhamdulillah agenda kita kebanyakan di darat. dan ini yang bikin orang takjub hehehe

    BalasHapus
  7. Salam Kenal Bang,
    kayaknya sama dengan di tempat saya yang belum ada komunitas blogger aktif. selama ini hanya kopdar kecil-kecilan tapi mengasyikan

    BalasHapus
  8. Kunjungan balik, semoga kedepannya Komunitas babel bisa muncul ke permukaan :)

    BalasHapus
  9. wahhh terimakasih buat saudara saudri yang sudah memberikan masukan.Pasti sangat bermanfaat nih...

    Buat Pak Wahyudi dari bloggerborneo, terimakasih sekali Pak atas saran dan share pengalamannya.

    BalasHapus
  10. coba ya. di kotaku ada juga yang beginian..
    sayangnya, dikotaku blogger bisa dihitung pake jari :(

    BalasHapus
  11. hadir untuk konfirmasi saja

    pakde sulas tidak ikut komunitas blogger Yogyakarta, karena memang pakde tinggal di surabaya.

    BalasHapus
  12. aku percaya nanti komunitas ini akan menjadi besar.. (:

    BalasHapus
  13. .Pak Dhe@ ooo tadinya saya pikir Pak Dhe di Yogya
    tukang colong@AMMMMMIIINNNNN....thk's Do'anya

    BalasHapus
  14. y udah dibikin aja bang..
    saya juga dah masuk ke blogger bogor tu hihi

    BalasHapus
  15. bang yo lah buet komunitas blogger BABEL...
    supaya semua blogger BABEL bisa berkumpul dan berbagi pengetahuan dan bisa berbagi ke blogger lainnya....
    AMIEN.....

    BalasHapus
  16. yo..sebile agik...lah saat e kite aktualisasi kek uji nyali....haaaa, kopdar e ade yg punya ide dimana en kapan, mun pacak februari ni lah kite berbagi kopi tadi..

    viva blogger BABEL..

    BalasHapus
  17. Salam hangat bang,

    ku mendukung hal cem ni, kalo pacak direalisasikan bang. bangsaid.com salah satu blogger babel la. banyak yg la kelupa, ntar kalo inget ku share link e ...

    BalasHapus
  18. udah ada bang komunitasnya ni alamatnya bloggerbabel.com

    BalasHapus
  19. Abang salah, karena mulai 2009 s.d. penghujung 2010 ku ade memposting tentang babel archi-2010, dan banyak mendapat komen positif. tapi blogger babel tak menampakkan diri secara jelas, nah sekarang aku pun ada memposting tentang pariwisata (peluang dan strategi).
    oh ya, maaf email abang sdh nyampai dan kubace tapi tak jelas isinya karena maaf sekali lagi ku salah tulis alamat email dak lengkap, yang lengkap yang sekarang ne... tlg di kirim ulang bang, makaseh !

    BalasHapus