Jumat, 31 Desember 2010

Bercinta Dengan Masalah

Anda punya masalah? Atau bingung cara menghadapinya.

Ya..., semua orang pasti punya masalah. Masalah dengan keluarga, masalah dengan pekerjaan, masalah dengan pacar, masalah dengan keuangan, masalah dalam politik, masalah dengan tetangga, masalah dengan sahabat, masalah dengan hukum, masalah….masalah dan masalah.

Gambar pinjam dari orang


Sepertinya hidup ini hanya dipenuhi oleh masalah. Belum selesai satu masalah, masalah baru datang lagi. Bingung menghadapi masalah kita sendiri, orang lain juga mengeluh karena ada masalah. masalah…masalah dan lagi-lagi masalah.

Masalah memang menyesakkan, melelahkan; menyita hati, pikiran dan juga tenaga.

Awal tahun lalu, sahabat saya, sebut saja Kunci (nama samaran), bercerita, berurai air mata. Ia tersedu karena merasa tak sanggup menghadapi masalah yang datang bertubi-tubi hanya dalam waktu seminggu.

Awalnya ia dipecat dari tempatnya bekerja. Besokonya ia putus dari pacarnya. Sehari kemudian ibunya wafat, meninggalkan hutang yang bertumpuk. Belum selesai pemakaman ibunya, adiknya sakit keras dan harus segera dibawa ke rumah sakit untuk operasi. Kata dokter biaya operasi butuh dana sekitar 15 juta.

Ia mengeluh, menangis, berdoa sambil marah-marah pada Tuhan. Ia merasa sudah tak sanggup lagi menghadapi semua masalah itu.

Sempat terpikir olehnya untuk lari, naik ketiang listrik dan gantung diri. Dengan begitu semua beban dihatinya bisa musnah. Dengan menjemput kematian, ia berharap bisa terbebas dari semua masalah. Selama-lamanya.

Beruntung bisikan setan itu ditepisnya.

Entah siapa yang memberinya pencerahan. Tapi ia meilih jalan lain; bercinta dengan masalah yang dihadapinya. Menyayangi semua liku yang dicobakan Tuhan pada kehidupannya. Ia hadapi semua masalahnya dengan penuh keikhlasan. Sabar, mohon petunjuk pada Tuhan dan orang-orang yang ia percayai.

Saya kagum, tertegun mendengar ceritanya.

Di luar dugaan saya; ternyata dengan cara itu ia berhasil bangkit. Dan hasilnya sungguh mengagumkan. Sekarang sahabat saya itu, telah “dewasa”. Telah naik haji pula. Belakangan justeru saya yang sering belajar dan meminta saran darinya.

Satu hal yang pasti bahwa Tuhan tidak mungkin memberikan cobaan melibihi kemampuan mahkluknya. Itu pasti!.

Dari sahabat saya itu, saya mencatat; “semua masalah yang ditimpakan Tuhan pada kita adalah ujian yang semata-mata ditujukan untuk mengangkat derajat serta kemuliaan kita sendiri”.

Masalah adalah sebuah ujian kenaikan pangkat. Seperti ujian kenaikan kelas. Orang yang berhasil melewatinya pasti akan mendapatkan derajat yang semakin hebat. Semakin tangguh dan bahagia pula hidupnya.

Nah, sekarang kita baru saja menapaki tahun baru. Semoga pada tahun baru 2011 ini tak banyak masalah yang mendera blogger Indonesia.

>> Khusus buat para sahabat, pembaca rutin Blog Bang Ngangan dan siapa saja yang nyasar ke blog ini, saya ucapkan “Selamat Tahun Baru 2011”.

10 komentar:

  1. Wah masa pak sich, masih muda nich om hehehe.

    punya pacar adja nggak, masa dipanggil pak.

    wah klo masalahnya nggak kelar2 pusing juga om hehe, tapi klo sekali2 boleh lah

    BalasHapus
  2. Setiap kita tidak bisa epas dari masalah, lari dari masalah bisa menambah masalah, satu2nya jalan adalah menghaapinya dan berupaya menyelesaikannya, tapi tidak semua orang bisa menghadapinya dengan baik, karena prakteknya idak semudah teori :)

    Selamat tahun baru juga sob... salam hangat

    BalasHapus
  3. sang Pencipta adil mas,setiap manusia pasti akan di beri masalah dan tertimpa masalah sesuai dengan kemampuannya menghandle masalah...
    mungkin bagi beberapa orang masalah yang membelitnya terasa berat,karena memang belum menemukan jalan keluarnya...
    tapi ketika sudah mendapat jalan keluar,masalah sebesar apapun menjadi kecil dan ringan...
    hanya saja unutk menemukan jalan keluar membutuhkan energi lebih...

    BalasHapus
  4. Cerita yang bener-bener berkesan dan inspiratif, karena memang masalah diciptakan untuk dihadapi. Banyak hikmah yang pasti terkandung di dalamnya. Dan Allah adalah Maha Penyayang yang tak mungkin memberikan cobaan di atas kemampuan makhluk-Nya untu hadapi.

    Selamat tahun baru...

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  5. tema tulisannya cukup menarik, tapi solusinya kurang tampak

    BalasHapus
  6. Indahnya kebersamaan@;tadinya saya kira sampean sudah bapak2 mas, heee maaf kalau bgtu.

    Denuz@;pinter muji ...

    Agoest@;Masalah seperti petaka kalau ditakuti. Tapi ia akan menjadi berkah kalau dimaknai dengan ketakwaan.kata para ustadz si bgtu Mas..

    BalasHapus
  7. ada yang membuat pakde bingung adalah.....Rakyat negeri ini masih juga bercinta dengan BENCANA

    MOGA TAHUN 2011 DAN SETERUSNYA KITA BERCERAI DENGAN SEGALA BENCANA

    BalasHapus
  8. Saya sepakat tuh kata Pakdhe, sepertinya bangsa kita memang harus segera putus dngan bencana, jgn dimesrai teruss..

    BalasHapus
  9. masalah emang harus dpecahkan..bkn untuk dihindari

    BalasHapus