Sabtu, 13 November 2010

Menjadi Blogger Populer

Mejadi blogger populer itu gampang. Tuhan menyediakan banyak jalan bagi semua orang -termasuk bloggger- untuk meraih populraritasnya. Setiap manusia dilahirkan dengan keistimewaan, keunikan dan kelebihan besar yang berbeda-beda. Pandai-pandailah memanfaatkannya. Popularitas itu penting.

Tentang popularitas: 23 tahun lalu (Januari 1987), majalah Tempo memuat lipuan lucu, tentang seseorang buruh yang mendadak populer. Berikut ini petikannya, sebagai sebuah penggugah, bahwa popularitas tak sulit dicari. Pencitraan dalam skala kecil: sekedar cari makan, dan ketenaran, gampang ditemukan. Berikut ini kisahnya … 
.... Awalnya, si Subur (32), buruh bangunan, mengumumkan bahwa dirumahnya muncul dua buah makam secara mendadak. Malam sebelumya, ia mengaku, bermimpi ditemui kiai Sahid dan kiai Hadi. Kedua kiai berpesan agar Subur mau merawat kedua makam, dan agar air di belanga -disamping makam- dibagikan pada setiap orang yang datang. Air itu membawa berkah.
Esok harinya, berita mulai menyebar. Kubur mendadak yang muncul Oktober itu jadi ramai didatangi orang. Juga dari luar Semarang: banyak sedan yang parkir di depan rumah Subur.

Subur pun jadi subur, tak perlu lagi jadi buruh kasar. Cukup memakai sarung dan baju hitam, duduk di dekat kedua makam, menyandang pula kotak kayu kecil bertuliskan “amal jariah”. Banyak uang dicemplungkan orang ke kotak itu.

Sumardi, ketua RT, kewalahan mengatur lalu lintas pengunjung. “ada yang datang tengah malam. Penduduk jadinya tak bisa istirahat, bising oleh suara mobil,” kata pak RT. Selain itu Sumardi, yang tidak pernah membantah cerita subur, agak takut juga kalau-kalau terlambat melaporkan penemuan unik di desanya itu. Nah, ia lalu pergi ke polsek semarang timur.

Kapolsek, Kapten Timor Pradopo, beserta anak buahnya datang memeriksa makam yang ajaib itu. “Nisan batu itu buatannya sangat kasar. Lagi pula tulisan huruf Jawanya keliru. Katanya Sahid kok ditulis Sahit” tutur kapolsek. Ia memang curiga. Akhirnya ia bertetap hati memerintahkan kedua makam digali.

Subur berusaha mencegah. “jangan coba-coba membongkar kubur itu, Pak. Nanti Bapak-bapak dikutuk, dan celaka”.

Polisi, meski tak ingin dikutuk siapa pun, tetap melaksanakan rencana. Malah Subur yang, tiba-tiba, menyelinap hendak lari. Nah. Langsung saja ditangkap.

Subur akhinya mengaku, makam itu ia produksi sendiri. .....”Lha, kalau saya mencuri kan berdosa. Melanggar hukum. Tapi dengan cara begini, orang yang datang kan memberi uang dengan sukarela”. Kilah pemuda tanpa kerja itu.

Ide si Subur itu sungguh asyik. Dalam sekejapan, ia langsung tenar, disegani, dan dikerumuni banyak orang. Bukan itu saja, fulus pun datang dengan sendirinya. Meski berakhir dengan “tragis”, Subur berhasil -untuk sesaat- jadi orang populer. Dia hanya sedikit sial. Tapi, toh untuk menjadi populer, kita memang harus siap tidak populer.
 
Kesimpulan saya, menjadi blogger populer itu gampang. Subur si buruh Semarang itu pun bisa. Apalagi nara blog sekalian. Tapi jangan tiru si Subur. Tuhan sudah menganugrahi kita keistimewaaan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Masih ada  berjuta cara dan strategi cerdas untuk meraih polularitas. Hal ini juga sedang saya cari. hee hee

Apakah Anda tahu, cara menjadi blogger populer?.

31 komentar:

  1. si subur akalx subur juga y...??? pengen ngepop shi, tp g kek si subur itu...

    BalasHapus
  2. Wah, kalau saya ngeblog itu bukan mencari popularitas. Asalkan bisa menuliskan perjalanan/catatan kehidupan saya, rasanya sudah mendapat kepuasan yang tak terhingga

    BalasHapus
  3. boleh-boleh ... kreatif banget tuh si subur ... :ngakak

    Salam BURUNG HANTU

    BalasHapus
  4. mmhh..pada awalnya sih pengen berbagi apa yg aku tahu..dan pastinya pengetahuan kita akan bertambah seiring bacaan dan komentar yg masuk di blog kita..:)

    BalasHapus
  5. hahaha...si subur emang ngawur, tapi boleh lah, jadi top dia :D

    BalasHapus
  6. si subur, cepet ngetop, cepet pula downnya, hahaha

    BalasHapus
  7. hoalahh
    trus kalo blogger gimaa tuh :D
    itu kan tentang si subur yang buat kubur heheee

    BalasHapus
  8. walah,,,kalo buat blogger gmana ya??
    bikin gosip gtu kali ya...hahahhaa

    BalasHapus
  9. Mau juga nih punya blog yang populer..
    jadi sekalian bisa masukkin usaha kita ke blog juga ya..
    hmm...
    Obsesi jadi populer lewat blog nih....
    Main2 juga ya ke blog riku agency saya....
    thx

    BalasHapus
  10. @Lone Fighteramid amid lah kalau harus ikut gaya si Subur..

    BalasHapus
  11. yah seperti cerita si subur.. jadi populer emang gampang... tapi kalo caranya gak halal, populer nya itu cuma semu dan sementara. buat apa kalo populer nya karena tipuan? :D

    BalasHapus
  12. sepakat, buat apa populer kalu hanya menipu.tapi banyak juga politisi yang ppuler dengan menipu tahan lama kepopulerannya>>?

    BalasHapus
  13. Si Subur itu sodaraan sama Sabar ya ???? hehe...

    BalasHapus
  14. hahahah... bagus bagus artikelnya... bener banget mau tenar atau apapun itu gampang tergantung usaha n kreatifitas... tapi caranya jangan nyoto si subur ya... thanks dah berkunjung, aku follow nie blog ya..

    BalasHapus
  15. lupa..kagak ada tempat follownya..

    BalasHapus
  16. buat uli, halaman follow tak saya pasang karena blog saya belum layak diikuti..

    BalasHapus
  17. Menjadi populer ya..tapi mungkin gak semua orang mau populer,
    cara yang dilakukan subur itu menipu

    BalasHapus
  18. yg penting ngeblog aja deh. soal populer mah gak penting.

    BalasHapus
  19. Aduh... jangan tiru trik dari si Subur ya..? gak baik tuh.. :p

    BalasHapus
  20. jadi kalau ingin populer berarti harus sering jadu bahan pembicaraan ya..? Wah, kudu kreatif kalau gitu

    BalasHapus
  21. ada juga kok yg ngeblog tanpa pengen jadi populer...hehe...

    BalasHapus
  22. @Mechta saya salut dan kagum pada blogger2 idealis yang lebih mengutamakan kualitas ketimbang popilaritas..

    BalasHapus
  23. Lalu saran dan caranya gimana? yang gak kayak subur? nggak kongkrit nih tulisannya... serba menggantung

    BalasHapus
  24. menjadi blogger yang membawa manfaat bagi sesama itu yang lebih sulit ya...

    BalasHapus
  25. Hahahaha... subur2 enek2 ae kowe wkwkw...

    klo aku sih gak perlu terkenal Sob.. jadi blogger serabutan kaya gini aja udah cukup aku nikmati hhe.. :P

    Met weekend N happy blogging :P

    BalasHapus
  26. Salam perkenalan pada kunjungan perdanaku.

    Subur, memiliki otak yang cerdas, namun sayang bila pola pikirnya tidak bermanfaat untuk orang banyak.

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahn yang besar.

    Sukses selalu

    Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

    BalasHapus
  27. Kaget juga aku baca tadi Bang, setelah dicek ternyata boongan. ada angka 3 yang didesain untuk selalu nongol mesti lagi kosong. ternyata gitu tho caranya jadi blogger populer ya Bang?

    zzz zzzz zzzzzzz

    BalasHapus
  28. @Afif Amrullah

    heheheee hheee itu sengaja didesain untuk memuaskan hati saja bung,

    BalasHapus
  29. asyik juga tuch jadi blog populer

    8 PESONA ARIEL YANG MEMBUAT WANITA TERGILA-GILA :
    http://bagalak.blogspot.com/2010/11/8-pesona-ariel-yang-membuat-wanita.html

    TANDA 100 HARI SEBELUM KEMATIAN :
    http://bagalak.blogspot.com/2010/11/tanda-100-hari-sebelum-meninggal.html

    BalasHapus