Kamis, 19 Agustus 2010

Kembali


Di mana ada awal, pasti ada akhirnya. Ada pertemuan, ada perpisahan. Begitulah hidup.

Dulu aku merasa perjalanan KKN ini begitu berat. Banyak keluhan-keluhan yang kurang penting, yang membuatku malu pada kalian dan pada diriku sendiri.

Tapi sekarang, ketika perjalanan tersebut hapir berakir, aku justeru ketakutan. Rasa kehilangan setiap saat menyelimutiku. Menghantui setiap henbusan nafas dan jiwaku.
Aku termangu, terpaku bingung harus bersedih atau gembira…

Kadang aku gembira, saat membayangkan tidak ada lagi “tugas jaga” yang menguras saraf, tenaga dan jiwa. Aku senang, ketika membayangkan tak ada lagi keluh-kesah dari kalian mengenai bidang ini itu, yang kadang aku sendiri tak mengerti. Aku juga bahagia, ketika membayangkan tidak lama lagi aku akan mengenakan pakaian “kebebasan” ku.

Namun, aku juga merasa sedih bukan main.

Aku sangat sedih, karena tanpa “tugas jaga”, aku tidak dapat belajar mempraktikkan kemampuanku bersama orang-orang hebat dan berpengalaman seperti kalian. Hatiku teriris, karena tanpa keluh-kesah kalian, berarti aku akan berpisah dengan suka-duka yang selama ini kita bagi. Dan aku menangis, membayangkan; ternyata aku kembali “bebas”, dan itu berarti sebuah tanggung jawab baru yang begitu besar akan kembali ditimpa ke pundakku.

Susah payah…ku yakinkan diriku, bahwa aku harus bisa! Aku harus berani! dan Kita semua harus kuat kawan!. Sebab inilah jalannya. Sebuah jejak yang telah ditakdirkan dengan indah dan khusus untuk kita.

Sumpah!.

Aku pasti akan sangat merindukan kampong ini, rumah dan keluarga ini. Aku juga tidak akan pernah lupa pada anak-anak dan para pemuda kampong ini, pada Bapak, Ibu, Lukman serta si Mbah.

Dan kalian…..
Deddy, Cimunk, Ari, Wiwit Ayoe, Ammy, Novi, Ican, Wati, Irfan,Zuher
Aku tidak tau harus berkata apa untuk kalian. Dalam tangisku, kuketuk langit dan memohon pada Tuhan.

“Ya Tuhan, berikanlah pada kami; kekuatan, kesabaran dan ketabahan…, untuk mengikhlaskan perpisahan ini”.

Ternyata….KKN…..benar-benar “menyenangkan”.

Selamat

Setelah hampir 2 bulan kutinggalkan, kuberanikan diri untuk kembali menjamah Blog kesayanganku ini. Aku tahu dia pasti menerima kepulanganku.

Ntah dengan kalian saudara, sahabat, guru dan para tuan sepuh Blogger yang ku kenal. Semoga kalian masih sudi menerima kepulanganku kedunia (Blog) ini.

12 komentar:

  1. ok Bang Ngangan...link sudah di pasang tuu..silahkan cek dan seneng buanget bisa bersahabat di sini

    salam hujan

    BalasHapus
  2. baca postingn ente ane jadi terharu,,:)...huhu,, nice post ^^

    BalasHapus
  3. @arif;thnk's sob..link sampean akan segera saya pajang
    @Elvin;hemmm makasih, terimakasih dah sudi comment disini
    @Goyang Karawang;hehehe..hanya sekedar keluh kesah sob...

    BalasHapus
  4. KKN emang banyak meninggalkan pesan & kesan yang mendalam,selain itu Qta juga dapat banyak mengambil & mendapatkan pelajaran dari semua itu...
    Jangan kau terlarut dalam kesedihan itu,,coz kau pun pernah merasakan indahnya sebuah pertemuan... So ingatlah,bahwa perpisahan bukanlah akhir dari segalanya.....
    Tetep smangaaaaat ya KA'.......

    BalasHapus
  5. mas jangan cengeng dong!!!!
    yang pemuda lah

    BalasHapus
  6. bung tolong di ralat jangan "awal"
    yang lain aja!! (contoh:desik, muklek, dll)

    BalasHapus
  7. siang sob..thnks infonya yah..blognya keren sob..kalau berminat saya ngajak tukeran link sob?kalau mau kommnt di
    http://ilmu-komputer23.blogspot.com
    buat konfirmasinya sob..
    thnks yah sebelumnya..happy blogging terus yah..

    BalasHapus
  8. tetap semangat bos.. karena tetap bersemangat itu sehat :)

    BalasHapus
  9. Memang ada jenuhnya juga ngeblog, tapi mudah-mudahan selepas mudik membawa semangat baru. Happy blogging, terus semangat...

    BalasHapus
  10. @zen-zen & Goyang; terimakasih atas kalimat-kalimat segarnya.....semoga semangat 45 selalu menyelimuti kita semua Blogger Indonesia

    BalasHapus
  11. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang Bisnis dan Kesehatan di blogku : http:// www.indonetwork.co.id/ptmsinet, silahkan kunjungi, mudah-mudahan manfaat

    BalasHapus